BLANTERVIO103

MENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD ITU MUDAH, ASALKAN ...

MENGAJAR BAHASA INGGRIS UNTUK ANAK SD ITU MUDAH, ASALKAN ...
Kamis, 27 Januari 2022

 


Bahasa Inggris adalah sesuatu yang sudah biasa terdengar di telinga kita. penggunaannya sudah merata di semua bidang di negara indonesia, termasuk dunia pendidikan. Banyak guru kesulitan dalam menemukan cara mengajar bahasa inggris yang paling tepat untuk anak sekolah dasar. Hal ini tidak mengherankan karena banyak juga siswa di indonesia yang menganggap bahasa inggris sebagai mata pelajaran yang susah dan menakutkan. padahal, jika dilakukan dengan metode pembelajaran yang sesuai serta strategi pengajaran yang tepat, maka mata pelajaran bahasa inggris bisa menjadi sangat menyenangkan untuk anak-anak.

Dalam pengajaran bahasa inggris yang perlu diperhatikan adalah tujuan pembelajarannya. tujuan pembelajaran dalam mata pelajaran bahasa inggris ini sebenarnya adalah siswa itu sendiri. mengapa? karena jika penyampaian materi dilaksanakan secara proporsional akan memotivasi siswa dalam meningkatkan kemampuannya.

Bahasa Inggris bukan bahasa ibu di indonesia, dimana kosakata yang ada dalam bahasa inggris merupakah hal yang asing bagi anak indonesia, terlebih lagi bagi anak sekolah dasar. tidak ada yang instan untuk sekarang ini, semua perlu proses. proses yang tepat dengan memperbanyak praktek dalam pengucapan bahasa inggris dan menghargai setiap progres yang sudah dicapai oleh siswa.

Fun learning atau pembelajaran yang menyenangkan merupakan metode pembelajaran yang sesuai untuk anak usia sekolah dasar yang mana anak usia sekolah dasar ini memiliki karakter yang aktif, suka bermain dan memiliki daya pikir yang belum sempurna bila diajak untuk mengikuti materi secara abstrak.


Ada 7 tahapan yang harus diperhatikan oleh seorang guru dalam memberikan pelajaran bahasa inggris,yaitu :

1.     Guru menuliskan kosakata di papan tulis beserta artinya

2.     Guru mencontohkan cara pengucapan kosakata tersebut

3.     Guru meminta siswa untuk mengikuti apa yang diucapkan oleh guru

4.     Guru meminta siswa untuk mengulang bersama-sama kata tersebut sebanyak 5 kali

5.     Guru meminta siswa mengucapkan kata tesebut satu persatu

6.  Bila kata-kata tersebut merupakan rangkaian kalimat percakapan, ajak siswa untuk melakukan praktek berbicara bahasa inggris dengan temannya secara berpasangan

7.  Bila kata-kata tersebut merupakan rangkaian kalimat yang harus dilakukan, maka ajaklah siswa untuk melakukannya

Apabila ketujuh tahapan tersebut dilakukan oleh seorang guru insya allah target agar siswa bisa berkata-kata dalam bahasa inggris dengan lancar, akan tercapai. tidak usah terlalu muluk siswa bisa mengikuti gramar juga, meskipun tidak menutup kemungkinan hal itu pun bisa diikuti oleh anak sd. tfanya saja kita sebagai pengajar tetap konsisten dengan tahapan tadi.

Sebagai guru ketika mengajar bahasa inggris pun secara bertahap ketika berbicara menggunakan bahasa inggris, dengan gestur tubuh kita supaya mereka terbiasa juga mendengar. pengalaman saya sebagai guru bahasa inggris, saat itu saya mengajar di kelas tiga, otomatis sebagai guru bahasa inggris saya akan memulai mengajar dengan menyapa mereka , seperti :

“good morning every body?”,

selamat pagi, asssalamualaikum semuanya”,

Untuk siswa yang baru mengikuti pembelajaran bahasa inggris, kita akan melihat respon mereka yang lucu-lucu, seperti diam, kaget, bahkan ada yang spontan bilang ke guru, ustadzah.

“ustadzah ngomong apa tadi?”, atau ada juga “ustadzah, itu bahasa apa?”.

Lucu-lucu, apalagi mereka masih di level bawah. melihat respon mereka, biasanya saya akan bilang :

“jika ustadzah menyapa dengan kalimat “good morning’, kalian jawab dengan”good morning ustadzah, lalu, arti dari good morning adalah selamat pagi. yukk, kita ulang, “good morning, every body?” , lalu kita ulang lagi, mencontohkan “good morning, ustadzah,”, yukk kita ulang, “good morning everybody,?” masih tetap dipandu oleh kita, “good morning ustadzah?”.

Kita ulang-ulang sampai mereka faham, sampai lidah mereka terbiasa. tidak apa-apa seandainya opening kita.

 Ulang-ulang sampai mereka faham, setelah itu mulai dech saya menyanyikan lagu dalam bahasa inggris yang isinya mengajak anak untuk bersama-sama melakukan seperti lagu “if you are happy”, lagu ini merupakan salah satu andalan saya ketika memulai pembelajaran bahasa inggris, nanti lama-lama mereka akan faham,sebulan kita menyanyikan lagu ini , lalu bulan berikutnya di ganti lagu lain.

         Tidak hanya itu, gestur tubuh kita juga harus   mendukung. ketika saya meminta anak untuk membuka buku, maka saya akan ambil buku dan melakukan membuka buku, terus begitu diulang-ulang, lalu misalnya lagi, ketika saya meminta mereka untuk diam, maka sambil mengucapkan “be quiet please” maka jari telunjuk saya taruh di mulut saya, jika saya ingin mereka mendengar ucapan saya, maka sambil mengucapkan “listen to me, please”,maka jari telunjuk saya akan saya arahkan ke telinga saya dan menunjuk diri saya sendiri, dan masih banyak lagi. begitu terus berulang-ulang, insya allah lama-lama mereka akan faham dengan sendirinya.

Dalam memberikan materi yang baru, pasti saya akan mereview materi minggu lalu, mulai dari pengucapan, tanya jawab, sampai mereka mempraktekkan kembali baik sendiri maupun bersama teman, setelah itu baru saya akan memberikan materi baru. materi yang saya sampaikan pun tidak banyak, misalnya dalam satu hari 2 jam pelajaran 60 menit, saya hanya memberikan materi pengenalan subjek dan to be, yang saya lakukan adalah saya menulis masing-masing subjek beserta artinya, lalu mencontohkan cara pengucapannya, mereka mengikuti, meminta mereka untuk mengulang bersama-sama, meminta mereka untuk mengulang sendiri-sendiri sambil menyebut artinya, setelah itu mereka menulis, saya ulang lagi, tak lama saya buat permainan, siapa cepat, tepat, dan benar baik dalam penulisan serta artinya bahkan jumlah terbanyak dari subjek yang mereka tulis itu, merekalah pemenangnya.

Dengan meminta mereka mengulang kembali pengucapannya dan dengan melakukan permainan yang variasi,saya bisa mengetahui kemampuan masing-masing anak dalam berbahasa inggris. karena kemampuan mereka berbeda, ada yang pengucapannya bagus, tapi dalam penulisan kurang, ada yang pengucapan kurang, tapi penulisan bagus, ada juga yang keduanya bagus. bukan berarti saya

Membeda-bedakan mereka, justru dari sinilah saya memahami kemampuan dari masing-masing anak. tetap memberikan apresiasi terbaik untuk semua anak, membuat mereka nyaman dengan saya dan mata pelajaran bahasa inggris, karena ketika mereka nyaman, semua akan bisa diterima dan dilakukan dengan baik, sesuai dengan hasil yang kita harapkan. tak perlu repot lagi kita meminta siswa untuk memperhatikan guru dalam belajar bahasa inggris, bahkan yang ada mereka akan menagih kapan bertemu lagi dengan kita untuk belajar bahasa inggris kembali, seru dan menyenangkan bukan? dan itu terjadi ketika saya menggantikan guru kelas lain yang kebetulan level atas, saya mengajak mereka untuk mempraktekkan, berlatih mengucapkan kalimat perintah dalam bahasa inggris, dan melakukannya sesuai kalimat yang diucapkan temannya, senang, gembira, bahkan meminta saya untuk mengajar lagi, sedangkan saat itu saya hanya menggantikan guru yang tidak masuk luar biasa. ada rasa kepuasan di hati begitu melihat ketertarikan anakk dalam belajar bahasa inggris.

Intinya dalam pengajaran bahasa inggris adalah selalu mereview materi setiap kali pertemuan, menggunakan gestur tubuh untuk mendukung pengajaran, pengulangan dalam pengucapan, dan praktek bersama baik dengan teman atau sendiri, selain itu megajarpun dilakukan dengan hati yang ikhlas, berpikir positif dan menggunakan media belajar yang menyenangkan siswa.

-Amel-

Share This Article :

TAMBAHKAN KOMENTAR

7836435257213270658